Kamis, 12 Januari 2012

Tahun 2012. Mari Mendemokrasikan Ekonomi dengan Biososioekonomi

Hampir dua minggu kita menjalani hidup di tahun 2012 dengan kesibukan kita masing-masing. Hari ini akan ada demonstrasi besar mengkritik pemerintahan SBY-Boediono. Kehidupan rakyat memang tidak membaik. Pemerintah memang tidak benar-benar pro rakyat. Mereka masih bersikukuh pada paradigma neolibnya.

Perjuangan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat seharusnya bukan hanya monopoli aktivis politik. Kita semua terpanggil untuk mewujudkan kesejahteraan umum dengan kapasitas dan jabatan kita masing-masing. Demokrasi ekonomi dengan biososioekonomi adalah jalan mewujudkan kesejahteraan publik, kesejahteraan rakyat. Implementasi teori ekonomi makro biososioekonomi akan mengurangi liabilitas publik, meningkatkan aset publik (yang berarti memperkuat fundamental makro ekonomi) dan memperkuat daya beli rakyat.

Perjuangan mengganti teori ekonomi konvensional yang neolib dengan teori ekonomi makro biososioekonomi adalah adalah perjuangan yang harus dilakukan kapan saja ada atau tidak ada pergantian pemerintahan. Kita semua dituntut berpartisipasi untuk mendemokrasikan ekonomi tersebut dengan kapasitas dan jabatan kita masing-masing.

Memang kita disibukkan oleh rutinitas kita mencari nafkah atau mengurus rumah tangga. Saya pun juga sibuk dengan rutinitas saya mencari nafkah. Namun disela rutinitas itu kita seharusnya bisa berperan dan berpartisipasi mendemokrasikan ekonomi dengan cara membaca dan menyebarluaskan blog ini kepada teman melalui SMS, messenger misal BBM, atau internet. Idealnya memang setiap orang memahami demokrasi ekonomi dengan biososioekonominya. Blog ini memberi penjelasan tentang itu. Namun bagi yang kurang terbiasa membaca tulisan panjang,  bisa mengikuti akun twitter saya @haniputranto.

Perlu juga diketahui bahwa sampai saat ini  saya TIDAK membuat akun facebook atau twitter dengan id atau username satrio piningit. Dalam kedua situs jejaring sosial itu saya menggunakan nama Hani Putranto. Situs dengan nama satrio piningit yang saya buat hanya blog ini dan situs mobile saya  http://www.satriopiningitasli.param.mobi

Sebagaimana karya anak bangsa yang lain,  teori ekonomi makro biososioekonomi belum dikenal banyak orang. Mobil Esemka pun baru dikenal setelah dijadikan mobil dinas wali kota Solo. Maka saya berharap agar Anda ikut berpartisipasi menyebarluaskan dan mempromosikan teori ekonomi makro biososioekonomi karena biososioekonomi berarti demokrasi ekonomi. Demokrasi ekonomi adalah kepentingan umum, kepentingan rakyat kebanyakan. Jadi, menyangkut hajat hidup orang banyak. Revolusi tanpa revolusi pemikiran hanya akan menguntungkan petualang politik, kaum oportunis, dan politikus busuk. Biososioekonomi adalah sebuah revolusi pemikiran. Dan indikasi keberhasilan revolusi pemikiran itu adalah kalau para ekonom sudah tidak lagi mengejar pertumbuhan PDB.

Saya selalu berdoa bagi Anda yang menyebarluaskan biososioekonomi dan blog ini agar Anda beserta keluarga Anda terhindar dari tulah atau hukuman TUHAN yang akan dijatuhkan ke bumi. Mari mendemokrasikan ekonomi dengan biososioekonomi. Ganti paradigma neolib itu. Semoga TUHAN memberkati kita. TUHAN sendiri yang akan menyempurnakan usaha kita yang kita tekuni melalui jalan damai dan konstitusional.

Artikel terkait

http://www.satriopiningitasli.com/2011/12/krisis-global-baca-dulu-baru-kritik.html

http://www.satriopiningitasli.com/2011/07/anti-demokrasi-ekonomi-dalam.html

http://www.satriopiningitasli.com/2010/11/tiga-alasan-mengapa-biososioekonomi.html

http://www.satriopiningitasli.com/2010/06/demokrasi-ekonomi-biososioekonomi-lebih.html

http://www.ekonomikerakyatan.ugm.ac.id/My%20Web/sembul22.htm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar