Kamis, 10 Desember 2009

Tidak Ada Kiamat di Dalam Film 2012

Popularitas film 2012 membuat saya penasaran untuk menontonnya. Popular memang belum tentu bagus. Tetapi tidak pula harus menjadi korban popularitas dengan ikut berdesakan antri. Saya menunggunya sampai tidak terlalu banyak yang nonton.

Tidak seperti yang diributkan beberapa orang mengenai kiamat. Ternyata dalam film itu tidak ada kiamat (besar) dan juga tidak bercerita tentang kiamat.

Kiamat (besar) itu artinya kehancuran total dan muncul "dunia" baru yang abadi. Sementara yang ada dalam film itu tidak ada dunia baru. Sebagian orang memang lolos dari bencana itu dengan cara sekuler dan hidup di bumi yang lama.

Film itu pun tidak bercerita tentang awal jaman keemasan yang saya pribadi meyakini akan diawali dengan hukuman atau bencana dahsyat. Film itu terlalu simple untuk berbicara awal jaman keemasan yang bagi banyak orang adalah sesuatu yang rumit.

Menurut hemat saya film itu adalah film fiksi tentang tahun 2012 dengan kerangka berfikir atau setting cerita kisah bahtera Nuh dalam Kitab Kejadian (kitab pertama Perjanjian Lama) yang simple. Saya tidak tahu apa alasan Roland Emmerich, sutradara film itu, menggunakan kerangka pikir kisah bahtera Nuh. Mungkin karena tidak memahami gambaran awal jaman keemasan seperti dijelaskan Injil dan Kitab Wahyu (kitab terakhir Perjanjian Baru) atau karena alasan komersial karena kisah bahtera Nuh itu selain simple (tak ada penjelasan mengenai triple six) juga dipercaya kalangan yang lebih luas sehingga pangsa pasarnya luas. Kisah bahtera Nuh itu memang simple. Dahulu Tuhan menyelamatkan manusia melalui bahtera Nuh itu. Tetapi menjadi tanda tanya kalau dibawa ke abad 21 Masehi ketika penduduk bumi mencapai milyaran orang. Apakah Tuhan akan menyelamatkan manusia dengan cara seperti film 2012 itu? Wah, nanti hanya yang mampu membeli tiket yang selamat. Rasanya Tuhan tidak akan melakukan penyelamatan dengan cara seperti itu.

Sebagai sebuah peringatan film itu juga tidak memadai. Terlalu simple, tidak memberi penjelasan mengenai triple six. Film itu hanya bernilai sebagai hiburan dengan teknik grafis komputer yang bagus.

2 komentar:

  1. SP itu punya ciri-ciri ga kira-kira? misalnya punya tai lalat dihidung atau dipipi atau diketiak gituuuu....? pengen tau aja neh. maaf ya kalo salah-salah kate..

    BalasHapus
  2. Dunia baru yang akan muncul seperi apa?

    BalasHapus