Jumat, 12 November 2010

Mengenang dan Menghargai Jasa Pahlawan

Setiap tanggal 10 November kita memperingati hari pahlawan. Dalam momentum seperti itu tidak ada jeleknya hening sejenak dari segala hiruk-pikuk dan rutinitas untuk mengenang para pahlawan bangsa yang dikenal, diangkat resmi sebagai pahlawan maupun yang tidak dikenal.

Mengahargai dan mengapresiasi jasa pahlawan merupakan tindakan yang luhur mulia. Pahlawan sejati adalah orang-orang yang telah mengubur kepentingan dan kenikmatannya sendiri serta berjuang menghadapi tantangan dan marabahaya untuk sesuatu yang lebih besar di luar dirinya. Entah demi kepentingan umum atau kepentingan orang lain. Para pahlawan kita kenang dan kita apresiasi untuk kita ambil hal-hal baik yang ada padanya sebagai inspirasi hidup kita apakah kita sudah mengutamakan kepentingan umum atau belum.

Jiwa-jiwa mereka, para pahlawan itu, sangatlah berharga untuk dikenang. Juga pahlawan lain yang masih segar peristiwanya yang tidak bisa saya sebut satu-persatu. Relawan PMI yang mau memaksa mbah Marijan meninggalkan dusunnya pada saat letusan Merapi 26 Oktober 2010 juga layak disebut pahlawan. Hidup mereka punya arti. Semoga hidup kita juga punya arti bagi sesama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar